Buah-buahan dan sayur-sayuran untuk awet muda

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Britis Medical Journal (BMJ), makan buah segar setip hari memilikiefek terbesar agar bisa panjang umur, berkat sifatnya yang melawan kanker. Anti oksidan paling tinggi terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Antioksidan adalah suatu zat atau komponen yang dapat melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak oleh oksidasi dar molekul oksigen yang reaktif, yaitu radikal bebas. Akibat dari radikal bebas adalah terjadinya penuaan dan penyakit-penyakit degenerative seperti kanker.

Beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran mempunyai kandungan antioksidan tinggi seperti betakaroten (provitamin A), vitamin C, Vitamin E, Likopen, flavonoid, sulforaphan dan lain-lain.
Pilih sayur-sayuran dan buah-buahan yang beraneka ragam seperti kuning, hijau, jingga, merah dan lain-lain. Contoh sayur-sayuran yang mengandung anti oksidan tinggi seperti bayam, pokchoy, brokoli, wortel, tomat dan lain-lain. Berikut ini penjelasannya.

Tomat
Tomat kaya antioksidan, kandungan vitamin C yang tinggi serta kaya akan sumber pigmen merah yaitu likopen. Mamfaatnya untuk mencegah molekul oksigen yang tidak stabil yang merusak sel-sel sehingga mengakibatkan kanker.

Strawberry
Kaya akan serat, vitamin C dan anti oksidan asam ellagic. Makan stowberry memperkecil resiko terkena kanker.

Jeruk
Kandungan vitamin C-nya tinggi. Pada buah jeruk detemukannya lebih dari 170 ikatan kimia dan 20 macam antioksidan yang berasal dari pigmen karotenoid. Jeruk juga mengandung glutation yang dapat melawan proses penuaan.

Kelompok bawang
Dalam bawang merah dan bawang putih terdapat zat anti oksidan quersetin yang dapat meredam zat-zat penimbul kanker. Quersetin juga membuat kolesterol yang buruk, untuk tidak teroksidasi yang dapat diendapkan di pembuluh darah.

Bayam
Mengandung vitamin C dan betakaroten (lutin) yang tinggi, yang merupakan zat anti oksidan. Mengkonsumsi bayam dapat mencegah timbulnya penyait degenerative dan memperlambat penuaan.

Wortel
Warna orange pada wortel menunjukkan kandungan betakaroten yang tinggi. Khasiatnya mencegah terjadinya kanker payudara dan paru-paru. Bekas perokok dianjurka makan wortel untuk mencegah resiko kanker paru-paru serta meningkatkan fungsi kekebalan.

Kelompok kol
Kelompok kol mengandung betakaroten dan vitamin C, serta anti oksidan seperti brassinin dan sulfophane yang dapat melawan zat karsinogenik.

Anggur
Anggur mengandung 20 anti oksidan yang dapat mengalau serangan radikal bebas yang menimbulkan penyakit dan proses penuaan, serta berkhasiat sebagai anti pengumpalan darah, menghambat oksidasi kolesterol LDL dan melebarkan pembuluh darah.

0 komentar:

Post a Comment